Bisakah File Yang Terhapus Dikembalikan Lagi?

  • Wednesday, 20 March 2019
  • Default Admin

blog Konsep Penandingan

Ketika Anda sedang menghapus file pada komputer, sebenarnya itu tidak benar-benar terhapus. File tersebut akan ada terus di dalam hardisk, bahkan setelah Anda menghapusnya di Recycle Bin atau menghapusnya secara permanen. Hal ini memungkinkan Anda atau orang lain untuk dapat memulihkan file yang telah terhapus tadi.

Jika Anda tidak berhati-hati, ini memungkinkan orang lain untuk memulihkan dan membuka file-file rahasia Anda, bahkan ketika Anda telah menghapus bersih semua file itu. Ini merupakan masalah yang serius ketika Anda ingin menjual komputer atau laptop Anda.

Apa yang terjadi saat sebuah file dihapus?

Windows (atau sistem operasi lainnya) bisa melacak dimana file pada hardisk melalui setiap folder pada hardisk. Ketika Anda menghapus file, Windows akan menghapus pointer dan menandai sektor yang berisi data file sebagai yang tersedia. Dari sudut pandang sistem file, file tersebut tidak ada lagi dalam hardisk dan sektor berisi data yang dianggap sebagai free space.

Bagaimanapun, sampai Windows benar-benar menulis data baru di sektor yang berisi file, file tersebut masih dapat dipulihkan. Sebuah software recovery file dapat memindai hardisk untuk memulihkan file-file tersebut. Jika file telah ditempa dengan file lain maka software recovery tidak dapat memulihkan file-file tersebut, atau bisa dibilang hanya memulihkan sebagian file saja (tidak utuh lagi).

Untuk SSD atau Solid State Drive hal diatas tidak berlaku, untuk lebih tahu selengkapnya perhatikan terus artikel ini.

Mengapa File yang Telah Dihapus Tidak Segera Terhapus?

Jika Anda bertanya-tanya mengapa komputer tidak segera menghapus file setelah Anda menghapusnya? Sebenarnya jawabannya sederhana. Menghapus pointer file dan menandai sektor yang berisi data file sebagai yang tersedia adalah proses yang cepat. Sebaliknya, jika menimpa file lama dengan file baru membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Misalkan Anda menghapus file 10 GB, proses ini akan berlangsung secara cepat. Jika Anda benar-benar ingin menghapus file, mungkin diperlukan beberapa menit seperti pada saat Anda sedang melakukan copy file 10 GB ke hardisk.

Solid State Drive (SSD) Bekerja Berbeda: Semua ini berlaku untuk SSD. Jika Anda menggunakan TRIM yang diaktifkan pada SSD (semua SSD modern support TRIM), file yang dihapus akan segera dihapus dan tidak bisa dipulihkan lagi. Pada dasarnya, data tidak dapat ditimpa ke sel flash untuk menulis data baru, isi dari memori flash pertama-tama harus dihapus. Sistem operasi Anda akan menghapus file terlebih dahulu untuk memperoleh kecepatan dalam menulis data atau file baru. Jika tidak menghapus data file terlebih dahulu, memori flash harus menghapus terlebih dahulu sebelum bisa menulis data. Hal ini akan membuat SSD lemot kedepannya ketika menulis data atau file.

Mengembalikan File yang Terhapus

Jika Anda sengaja menghapus file dan ingin mendapatkannya kembali, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi:

Anda harus segera mengembalikan file secepatnya: Seperti Windows yang terus menulis file ke hardisk Anda, file tersebut bisa saja di timpa oleh file baru. Jika Anda ingin segera mengembalikan file yang terhapus, lakukanlah segera.

Anda harus mencoba untuk menggunakan hardisk sedikit mungkin: Cara terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus dari hardisk adalah tidak sering-sering beroperasi menggunakan hardisk, jika Anda menginstall software recovery (seperti RecuvaGlary Undelete atau TestDisk) untuk mengembalikan data yang terhapus itu akan sama saja menulis data baru dan dapat menimpa file. Jadi hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan menggunakan sistem operasi yang berjalan pada hardisk dan mengembalikan filenya.

Mencegah Dihapusnya File dapat Dikembalikan

Jika Anda memiliki banyak sekali rahasia di komputer Anda, seperti data diri, data perusahaan, data keuangan atau informasi lainnya. Anda mungkin khawatir jika seseorang bisa memulihkan data yang sudah Anda hapus. Namun jangan khawatir, karena itu semua ada solusinya.

Anda dapat menggunakan utility yang secara otomatis menghapus free space dari hardisk Anda dengan menulis data lain diatas free space pada hardisk Anda, semua file akan terhapus. Utility ini misalkan saja CCleaner, pada menu Drive Wiper dapat melakukan ini.

Untuk memastikan bahwa file benar-benar terhapus dan tidak dapat dikembalikan, Anda dapat menggunakan “file-shredding” aplikasi seperti Eraser untuk menghapusnya. Ketika file di hapus, tidak hanya terhapus tapi juga digantikan dengan data yang baru, ini akan mencegah orang lain untuk menggantinya. Proses ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada dengan cara biasa. Jadi intinya aplikasi ini hanya digunakan untuk menghapus file-file rahasia saja.


Referensi :
Edo Chrisnado. 2015. Mengapa File yang Dihapus Bisa Dikembalikan dan Bagaimana Mencegahnya? di winpoin.com (di akses 20 Maret 2019).

 

Kunjungi Website :

http://vpoint.id/

 

Klik Gambar Berikut untuk Download Kalender 2019 Free

2019 01 26 16 39 18

Mengkoneksikan Flashdisk / Harddisk Eksternal ke Virtual Box

Pengertian dan Cara Menghitung DPP (Dasar Pengenaan Pajak)

Pengertian dan Cara Menghitung DPP (Dasar Pengenaan Pajak)

Perbedaan Mobile Web dan Mobile Application

Apa itu BMC (Business Model Canvas)?

Jenis Perusahaan dan Bentuk Organisasinya

Para Pengguna Informasi Akuntansi

Macam-macam Bentuk Neraca Akuntansi

Bidang Pekerjaan Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi

Asumsi Dasar Akuntansi

Kegunaan dan Karakteristik Akun

Laporan Keuangan

Saldo Normal Akun

Neraca Saldo

Buku Besar

 

Produk Kami


VPoint Retail System Standard

VPoint Retail System Professional

VPoint Retail System Enterprise

VPOS (Point Of Sales)

VPoint Mobile

Web Reporting

 

Panduan Instalasi


Cara Menginstal Bartender 7.1

Cara Menginstal Ms. Access 2003

Cara Menginstal Microsoft SQL Server 2008

Cara Menginstal Seagate Crystal Report

Cara Menginstal VPoint Retail System

Cara Menginstal VPOS Resto

Cara Menginstal VPOS

Cara Menginstal Windows Server 2008

Cara Menginstal Windows XP

Cara Menginstal Windows 7

 

 

 

 

 

 

https://winpoin.com/mengapa-file-yang-dihapus-bisa-dikembalikan-dan-bagaimana-mencegahnya

Klien Kami