FAQ
Solusi 1:
1. Klik kanan pada Master Barang ZMart Retail System
2. Pilih [Kirim data ke kassa]
3. Pilih [Seluruh Kassa]
Solusi 2 :
Klik F1 atau Home pada ZMartPOS (kasir) tujuannya untuk menutup koneksi database kemudian mereplace dengan database baru
Solusi 3 :
Tutup semua aplikasi kasir (ZMartPOS) dan ZMart Retail System, kemudian jalankan ulang.
Solusi 4 :
1. Buka lokasi penyimpanan file master dari ZMart Retail System
2. Pilih folder System > Engine
3. Pilih file DBMaster.mdb kemudian copy file tersebut
4. Buka lokasi penyimpanan file master dari ZMartPOS
5. Pilih folder Update
6. Paste file DBMaster.mdb yang telah dicopy tadi ke dalam folder Update ini
Bagaimana jika data penjualan tidak masuk ke server?
1. Untuk mengirim data penjualan ke server, pada ZMartPOS klik Ctrl. Maka akan muncul tampilan seperti berikut
2. Pilih shift kasir yang datanya ingin dikirim ke server
3. Masukkan tanggal, bulan dan tahun dengan format ddMMyyyy
4. Klik Enter hingga muncul “Kirim Data ke Server” dan “Selesai”
5. Data sudah terkirim ke server
6. Untuk memastikan data sudah terkirim ke server atau belum, buka aplikasi back office (ZMart Retail System) > Laporan > Laporan POS (In Kassa). Maka akan muncul tabel Daftar Revisi POS
7. Pastikan colom IsUpload pada tabel tersebut sudah tercentang untuk semua transaksi penjualan
Bagaimana jika terjadi anomali print, yaitu print out tidak sesuai dengan perhitungan?
Perlu dilakukan testing ulang karena terdapat beberapa kemungkinan yaitu :
- Terdapat bug
- Terdapat kesalahan perhitungan pada file report
- Database rusak
1. Ketika akan melakukan cetak faktur, misal pada transaksi pembelian sebagai berikut :
2. Pastikan pada [System] - [Edit Report] sudah tercentang. Sehingga setelah di klik [Cetak Faktur] muncul tampilan faktur pada Crystal Report.
3. Sebelumnya, buat ukuran kertas nota yaitu 5.5 x 8.5 inch pada setting printer komputer dengan cara sebagai berikut :
a. Buka Control Panel
b. Pilih Devices and Printers
c. Pilih printer yang digunakan kemudian klik Print server properties
d. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut
e. Ketikkan “Letter” untuk mencari ukuran kertas Letter sebagai acuan karena ukuran kertas yang akan kita buat yaitu setengah dari ukuran kertas Letter.
f. Centang pada “Create a new form” untuk membuat ukuran kertas baru
g. Masukkan nama kertas yang akan kita buat yaitu “Nota” pada field Form Name
h. Masukkan ukuran kertas, dengan mengubaha ukuran tingginya saja yaitu dari 11.00in (ukuran kertas Letter) menjadi 5.50in (setengah tingginya dari ukuran kertas Letter) pada field “Height”
i. Klik [OK]
4. Pada Crystal Report tersebut pilih File > Print Setup, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Atur nama printer sesuai kebutuhan. Kemudian atur ukuran kertas “Nota” yang telah kita buat sebelumnya.
Bagaimana solusi jika komputer lambat?
Solusi :
- Jika komputer lambat karena database rusak maka harus perlu repair database lokalnya
- Upgrade komputer
Pada Modul KASIR, printer apa yang support ketika mencetak bukti kasir?
- TMU 220
- Star SP700
- Printer Thermal Cina
Bagaimana jika scan barcode tidak bisa dijalankan?
- Periksa scanner apakah sudah terkoneksi dengan mesin kasir atau belum
- Periksa scanner apakah dapat men-scan barcode dengan cara : buka notepad lalu scan barcode tersebut.
- Update Master Barang karena ada kemungkinan barang yang di scan adalah barang baru, jika di mesin kasir data barangnya belum update maka saat scan tidak dapat menemukan barang tersebut.
Spesifikasi Minimal Program Kasir (VPOS) apa saja?
- Dual Core
- Memory min 1GB
- Windows XP
Spesifikasi Minimal Program Back Office (VPoint) apa saja?
- Core 2 Duo
- Memory / RAM 1GB
- Windows 7
Apakah Program Kasir (VPOS) dapat diakses dalam jaringan LAN/WiFi?
Ya, Program Kasir (VPOS) dapat diakses dalam LAN/WiFi, dengan catatan masing-masing PC sudah terinstal dan teraktivasi Program Kasir (VPOS)