Cara Instalasi Windows XP

  • Friday, 02 February 2018
  • Default Admin

Berikut merupakan langkah-langkah installasi windows Xp (32-bit) pada Virtual Box :

1. Gambar di bawah ini merupakan tamilan utama dari Virtual Box yaitu software gratis milik Oracle yang fungsi utamanya adalah mem-visualisasi-kan sebuah atau banyak Sistem Operasi (OS) di dalam Sistem Operasi utama kita. Kemudian kita klik [Baru] di bagian pojok kiri atas.

 Picture61

2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kita harus memasukkan nama dari Sistem Operasi yang akan kita Install.  Tujuannya adalah agar kita bisa membedakan dengan mudah antara Sisstem Operasi satu dengan sistem operasi yang lain yang terinstall di Virtual Box kita. Disini, sebagai contoh saya memberi nama Windows Xp (32-bit). Kemudian klik button [Lanjut] untuk melanjutkan installasi.

 Picture62

3. Setelah itu, akan muncul tampilan pengaturan ukuran RAM dalam satuan megabyte yang akan dialokasikan ke mesin virtual yaitu Virtual Box. Selanjutnya klik button [Lanjut]

Picture63 

4. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan apakah ingin menambahkan hardisk virtual sebagai media penyimpanan pada Virtual Box atau tidak. Default tampilan adalah seperti gambar dibawah yaitu "Buat hard disk virtual sekarang", sehingga kita disarankan untuk membuat hard disk virtual pada mesin virtual kita. Klik button [Buat]

 Picture64

 5. Setelah itu akan muncul tampilan pengaturan tipe berkas hard disk virtual seperti gambar di bawah ini. Klik button [Lanjut]

 Picture65

6. Maka akan muncul tampilan pengaturan penyimpanan pada hard disk fisik. Klik button [Lanjut]

 Picture66

 

7. Selanjutnya muncul tampilan pengaturan lokasi dan ukuran berkas. Dimana kita harus memasukkan nama hard disk virtual baru serta memilih folder sebagai tempat penyimpanan. Serta memilih ukuran hard disk sebagai batas banyaknya data berkas yang dapat disimpan oleh mesin virtual pada hard disk. Klik button [Buat]

Picture67 

8. Proses pembuatan hard disk virtual telah selesai. Selanjutnya akan muncul tampilan virtual box yang sudah ada sistem operasi nya yaitu Windows Xp tersebut. Untuk mengetahui informasi detil yang berhubungan dengan sistem operasi tersebut, maka klik nama sistem operasi nya di sebelah kiri, seperti pada gambar di bawah nama sistem operasinya adalah Windows Xp (32-bit) kemudian klik icon [Pengaturan], maka akan muncul informasi umum, informasi tentang sistem, tampilan, penyimpanan dan lain-lain. Pada Tab Penyimpanan dapat dilihat bahwa IDE Master Sekunder masih kosong sehingga kita harus memasukkan file ISO Windows Xp dari penyimpanan lokal komputer kita. 

 Picture68

 9. Setelah klik [Pengaturan] maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah. Untuk memasukkan file ISO Windows Xp tersebut adalah dengan cara klik "Penyimpanan", kemudian klik "Kosong", klik icon CD dan pilih "Pilih Berkas Disk Optik Visual"

 Picture69

 

10. Maka akan ditampilkan penyimpanan lokal komputer kita, sehingga kita harus mencari file ISO Windows Xp dari folder komputer lokal kita seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.

 Picture70

 

11. Sehingga akan terlihat perbedaannya setelah kita memasukka file ISO ke mesin virtual tersebut yaitu seperti pada gambar berikut.

 Picture71

 

12. Kemudian akan muncul tampilan Windows Setup seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah. Klik enter pada keyboard untuk melanjutkan ke halaman selanjutnya.

 Picture72

 

13. Selanjutnya muncul tampulan persetujuan lisensi Windows. Klik F8 pada keyborad untuk menyetujui lisensi atau "I Agree"

 Picture73

 

14. Selanjutnya, pada pemilihan partisi pilih Format the partition using the NTFS file system, kemudian tekan Enter.

 Picture74

 

15. Kemudian, kita harus menunggu proses format dan proses copy file windows hingga selesai.

 Picture76

 

16. Setelah itu mesin virtual akan reboot dengan sendirinya. Setelah itu proses installasi Windows segera dilanjutkan.

 Picture77

 

17. Setelah itu kita harus memasukkan nama dan nama organisasi kita, kemudian klik [Next].

 Picture78

 

18. Selanjutnya akan ditampilkan nama computer kita, kemudian klik [Next]. Setelah itu kita juga diharuskan memasukkan product key dari WIndows Xp yang kita install tersebut.

 Picture79

 

19. Setelah itu, kita harus melakukan pengaturan waktu yang digunakan pada Windows Xp virtual kita. Kemudian Klik [Next]

 Picture80

 

20. Kemudian klik button [Next] hingga proses installasi selesai. Setelah proses installasi selesai maka akan muncul tampilan awal Windows Xp.

 Picture81

 

21. Selanjutnya, kita harus memasukkan nama pemakai komputer tersebut, kemudian klik [Next]

 Picture82

 

22. Setelah itu, proses intallasi Windows Xp pada Virtual Box sudah benar-benar selesai. Sehingga kita sudah bisa menggunakan Sistem Operasi Windows pada komuter kita melalui mesin virtual yaitu Virtual Box.

Picture83

 

Berikut dokumen yang dapat di download :

Panduan Instalasi Windows XP

Dokumen :


Klien Kami